AD (728x60)

Kamis, 01 Juni 2017

Sistem Pengolahan Tinja/WC Di ILPT Surabaya

Share & Comment
Kali ini Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya ingin sedikit memberikan wacana tentang keberadaaan Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT) Keputih dalam usaha mengolah limbah tinja yang berasal dari masyarakat.
IPLT Keputih merupakan salah satu UPTD di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya yang mempunyai tugas mengelola limbah tinja menjadi pupuk kompos dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan khususnya kualitas perairan yang disebabkan oleh pencemaran air.
Harapan Pemerintah Kota Surabaya semoga dengan adanya IPLT Keputih merupakan bentuk kepedulian pelayanan kepada masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berwawasan lingkungan.
Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT) yang dimiliki Pemerintah Kota Surabaya sejak tahun 1991 merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk menyempurnakan sistem pembuangan limbah tinja. IPLT menggunakan sistem biologi dengan kolam oksidasi yang dilengkapi motor dan mempunyai kapasitas olah maksimum sebesar 400 M3/hari.
Bangunan pengolahan terdiri dari:
  1. Bak Pemisah Lumpur (Solid Separation Chamber/SSC).
  2. Bak Pengumpul Filtrat (Sump Well).
  3. Balancing Tank / Equalization Tank.
  4. Parit Oksidasi (Oxidation Ditch).
  5. Bak Distribusi (Distribution Box).
  6. Bak Pengendap Air (Clarifier).
  7. Bak Pengering Lumpur (Sludge Driving Bed).
  8. Kolam Pengering Lumpur (Drying Area).
  9. Bak Penampung Air Limbah Olah.
Hasil olah IPLT baik air maupun lumpur dapat dikembalikan ke alam dengan aman. Sampai saat ini biro jasa penyedot tinja yang memperoleh ijin pembuangan ke IPLT sebanyak 28 Biro Jasa (Perusahaan).
Tujuan pengolahan limba tinja sendiri adalah untuk mengurangi tingkat pencemaran yang disebabkan oleh limbah tinja, mengingat limbah tinja sangat berbahaya bagi lingkungan khususnya kualitas air.
Manfaat dari pengolahan limbah tinja ini dapat diperoleh dari hasil olahan yang dihasilkan. Lumpur hasil pengolahan, dapat digunakan untuk pembuatan kompos (budidaya pertanian). Selain itu, dapat digunakan untuk meningkatkakan kualitas lingkungan, khusunya kualitas air (perairan).
Prinsip Pengolahan di IPLT
  1. Limbah tinja dari rumah tangga ataupun tempat-tempat lain masuk ke dalam bak pemisah lumpur (Solid Separation Chamber / SSC). Dibak ini terjadi proses filtrasi dan pengendapan zat padat (Solid).
Solid Separation Chamber
  1. Selanjutnya air resapan hasil filtrasi yaitu filtrasi, masuk ke dalam bak pengumpul, filtrate masuk kedalam bak pengumpul filtrate (Sump Weel). Apabila pengisisan SSC sudah mencapai batas pelimpah air (over flow). Maka akan terjadi pula pelimpahan air melalui Gutter dan dialirkan melalui pintu air menuju Balancing Tank.
  2. Filtrat yang terkumpul di bak pengumpul filtrat dipompakan ke Balancing Tank.
  3. Dari Balancing Tank, air limbah leffluer disalurkan kedalam Oxidation Ditch.
Oxidation Ditch
Didalam Oxidation Ditch air limbah ini akan dialirkan menuju Clarifier.
Clarifier
Sebagian Lumpur yang terendap dalam Clarifier akan dikembalikan lagi ke Oxidation Ditch, dan sebagian lagi dibuang ke bak pengering Lumpur (Sludge Draying Bed).
Sludge Draying Bed
  1. Padatan (solid) yang terkumpul di SSC bila telah mencapai batas tertentu dan cukup kering, kemudian dikecuk dan dikeringkan pada kolam pengering lumpur (Drying Area). Dalam kolam mini akan terjadi proses pengeringan lebih lanjut melalui penguapan dan pengeringan air hasil saringan (Filtrat) yang terkumpul lalu dialirkan menuju bak pengumpul filtrate (Sump Well).
  2. Bila Lumpur pada Dxying Area telah kering yaitu dengan waktu pengeringan selama kurang lebih 30 hari, Lumpur tersebut sudah aman dibuang ketempat pembuangan atau dimanfaatkan sebagai pupuk.
Kualitas hasil pengolahan dari IPLT dengan adanya proses pengolahan maka Lumpur tinja di SSC yang kekentalannya mencapai 3700 mg/l akan turun menjadi 110-1200 mg/liter setelah masuk ke Balancing Tank. BODeffluen dari bak pengendap akhirnya (Clirifier) yang di tampung di bak penampung air berkisar antara 80 -120 ny/l.
Tags:

Written by

Ahli Sedot WC dengan biaya terjangku dan profesional

4 komentar:

  1. Sedot wc surabaya barat telpon 081515190054 / 085100096244

    BalasHapus
  2. SEDOT WC SURABAYA selatan 0317915372 / 081515190054

    BalasHapus
  3. Harga SEDOT WC SURABAYA 081515190054 / 085100096244 muraH bebas bau

    BalasHapus
  4. Harga sedot wc surabaya terbaru tahun 2018 rp. 400-650rb. Hub. 081515190054 / 085100096244

    BalasHapus

 

Popular Content

Popular Post

Follow by Email

Total Tayangan Halaman

Copyright © SEDOT WC SURABAYA Termurah 081515190054 | 031-7915272 | Designed by Templateism.com